Materi IPS : Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya Kelas 9 BAB 1

A. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

Interaksi penduduk antarbenua sudah terjadi sejak lama. Sejarah mencatat kisah Marco Polo, seorang pedagang dan penjelajah dari Italia, menyusuri jalur sutra dari Eropa ke Asia pada abad XIII. Perjalanan Marco Polo meninggalkan berbagai cerita menarik yang dituangkan dalam buku berjudul Description of the World. Pada masa tersebut bangsa Eropa belum mengenal wilayah Asia lebih mendalam. Melalui catatan Marco Polo, bangsa Eropa mulai mengenal wilayah Asia yang telah maju peradabannya.

Mengapa pada masa tersebut bangsa Eropa belum mengenal Asia? Eropa dan Asia dipisahkan pegunungan dan laut serta teknologi transportasi belum berkembang. Kenampakan alam di Asia dan Eropa juga sangat berbeda.

Beberapa pakar berpendapat bumi terdiri atas enam benua, yaitu Benua Asia, Australia, Eropa, Amerika, Afrika dan Antartika. Benua Antartika merupakan satu-satunya benua yang tidak berpenghuni. Setiap benua mempunyai luas wilayah dan karakteristik berbeda. Untuk mengetahui letak dan luas benua- benua di dunia, simaklah materi berikut.

1. Benua Asia

Benua Asia merupakan benua dengan penduduk terbesar di dunia. Berdasarkan data Worldometers per 27 Januari 2019 jumlah penduduk Benua Asia pada 2019 sekira 4,584 miliar jiwa. Posisi geografis Benua Asia terletak pada 80°LU–11°LS dan 26°BT-170°BT. Dengan luas sekira 44 juta km-, Benua Asia menjadi benua terluas di dunia. Luas Benua Asia hampir sepertiga luas daratan di bumi.

Batas-batas Benua Asia sebagai berikut.

a. Sebelah utara : Samudra Arktik dan Selat Bering.

b. Sebelah selatan: Samudra Hindia.

c. Sebelah timur Samudra Pasifik dan Benua Amerika.

d. Sebelah barat · Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Tengah, dan Terusan Suez.

Benua Asia terbagi menjadi lima kawasan, yaitu kawasan Asia Barat, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan. Wilayah Asia membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Indonesia berada di wilayah paling selatan Benua Asia. Untuk mengetahui lebih jelas wilayah Benua Asia, kamu dapat mengamati peta Benua Asia berikut.

2. Benua Amerika

Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Benua Asia. Luas Benua Amerika sekira 42.057.100 km². Posisi geografis Amerika berada pada 170°BB-35°BB dan 83°LU-55°LS. Sebelah utara Benua Amerika berbatasan dengan Laut Arktik dan Pulau Greenland. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik bagian selatan. Sebelah barat berbatasan dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Benua Amerika, perhatikan peta berikut.

Secara geografis Benua Amerika terbagi atas empat kawasan yaitu kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Setiap wilayah mempunyai karakteristik alam khas. Wilayah Amerika Utara membentang dari Alaska di bagian utara sampai perbatasan Meksiko di bagian selatan. Negara di Amerika Utara yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Wilayah Amerika Tengah mencakup wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Kawasan Amerika Tengah meliputi beberapa negara seperti Panama, Kolombia, dan El Salvador. Contoh negara di Amerika Selatan yaitu Brasil, Argentina, dan Ekuador. Kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan dikenal sebagai Amerika Latin.

3. Benua Afrika

Afrika dikenal sebagai benua yang memiliki banyak kenampakan alam berupa gurun. Kondisi perekonomian di Benua Afrika masih tertinggal. Pengelolaan sumber daya alam di Benua Afrika pun sangat terbatas. Posisi geografis Benua Afrika 35°LS-37°LU dan 17°BB-52°BT. Oleh karena letak posisi geografis tersebut, Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa. Sebagian besar wilayah Benua Afrika beriklim tropis. Luas Benua Afrika sekira 30,29 juta km2. Benua Afrika terdiri atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Benua Afrika di sebelah utara berbatasan dengan Selat Gibraltar, Laut Tengah, Terusan Suez, Teluk Suez, Laut Merah, Selat Bab el-Mandeb, dan Teluk Aden. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Samudra Hindia.

4. Benua Eropa

Nama Eropa diambil dari nama dewi dalam mitologi Yunani, Europa. Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas sekira 10.35 juta km². Posisi geografis Benua Eropa, terletak pada 35°LU–80°LU dan 9°BB-60°BT. Batas Benua Eropa dan Benua Asia yaitu Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah. Letak Benua Eropa secara lebih jelas dapat kamu amati pada peta berikut.

Berdasarkan perbedaan kondisi fisik dan budaya, Eropa dibagi menjadi empat kawasan meliputi Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Meskipun demikian, pembagian kawasan ini mulai pudar seiring terbentuknya Uni Eropa. Uni Eropa merupakan lembaga ekonomi dan politik yang beranggotakan negara-negara Eropa. Uni Eropa (European Union) bertujuan meningkatkan kemajuan perekonomian negara-negara di Eropa. Lembaga tersebut juga bertujuan meningkatkan peran Eropa dalam hubungan internasional.

5. Benua Australia

Benua Australia merupakan benua terkecil di antara benua-benua lainnya. Luas Benua Australia sekira 8.9 juta km2. Dataran terluas di Benua Australia menjadi satu bentuk negara. Wilayahnya mencakup seluruh Benua Australia dan beberapa pulau di sekitar Samudra Hindia bagian selatan dan Samudra Pasifik. Posisi geografis Benua Australia pada 10°LS-39°LS dan 113°BT-153°BT. Batas-batas Benua Australia di sebelah utara yaitu Laut Timor, Laut Arafura, Selat Torens, dan Laut Koral. Sebelah selatan Benua Australia berbatasan dengan Samudra Hindia, sebelah timur berbatasan dengan Laut Tasmania dan Samudra Pasifik, sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Benua Australia, perhatikan peta berikut.

Benua Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu New South Wales, Queensland, Australia Selatan. Tasmania, Victoria, Australia Barat, Australia Utara, dan daerah khusus ibu kota. Australia beribu kota di Canberra.

HuRi Uhuy Anak Desa Penulis Sederhana

1 Komentar untuk "Materi IPS : Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya Kelas 9 BAB 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel